Perawatan Lingkar Mata

Mata adalah pancaran hati, memiliki mata yang indah dan segar adalah idaman setiap orang. Namun, adanya kantung mata, atau daerah gelap dibawah lingkar mata akan terasa mengganggu penampilan. Karena akan menjadikan penampilan anda tampak kuyu dan kurang bergairah.

Lingkaran hitam di bawah mata sering kali disebabkan oleh tekanan secara emosional atau stres, kelelahan, anemia dan kekurangan cairan tubuh. Selain itu lingkaran hitam disekitar mata juga disebabkan oleh proses penuaan yang menyebabkan hilangnya jaringan kolagen penyangga kulit sehingga kulit di bagian bawah mata menjadi kendur. Kekenduran tersebut diisi oleh minyak yang berasal dari timbunan lemak berlebih, sehingga kulit mata mengembung dan membentuk kantung.

Menurut Dr. Garth Fisher, ahli bedah plastik beberapa penyebab lingkar hitam di bawah mata bisa diatasi, namun ada pula yang tak bisa diatasi dengan cara sederhana karena bersifat permanen. Beberapa penyebab tersebut, antara lain:

Pigmen gelap
Ada sebagian orang yang memiliki pigmen lebih gelap di daerah mata, bisa diakibatkan oleh akumulasi pigmen pada kulit (melanocytosis) yang biasanya terjadi karena peradangan akibat alergi dan kerusakan akibat matahari.
Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika memang ini akar masalahnya, adalah dengan melindungi kulit dari matahari sebisa mungkin. Lalu konsultasikan pada dokter Anda, apakah obat-obatan yang Anda gunakan (tetes mata, hormon, atau lainnya) bisa membuat lingkar hitam di bawah mata Anda bertambah parah. Jika ya, coba konsultasikan obat penggantinya.
Untuk mengatasinya, Dr. Fisher merekomendasikan pemutihan kulit (skin bleaching), seperti produk yang mengandung hydroquinone. Biasanya pengobatan menggunakan produk yang mengandung zat tersebut baru terlihat hasilnya setelah beberapa bulan penggunaan, dan harus dilakukan di bawah supervisi medis.
Alternatifnya, cari obat khusus daerah sekitar mata yang mengandung vitamin K atau retinol (untuk menstimulasi pergantian sel kulit), misal RoC Retinol Correxion Eye Cream.

Genetik
Jika Anda mendapati kulit tipis di bagian bawah mata, sehingga Anda bisa melihat urat-urat kecil, bisa jadi ini merupakan masalah keturunan. Pemilik Kinara Spa, Olga Lorencin-Northrup merekomendasikan perawatan laser non bedah, seperti Thermage atau IPL Photofacial untuk menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Khususnya jika ini berkaitan dengan retensi air penyebab kantung bawah mata.

Kantung mata
Jika Anda memiliki kantung di bagian bawah mata akibat adanya timbunan lemak yang menggelayut dari kelopak mata bawah, sehingga menimbulkan bayangan, disarankan untuk melakukan pembedahan kecil untuk mengatasinya.


Sedangkan untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi lingkaran hitam di seputar mata, yang tidak disebabkan oleh faktor permanen anda bisa melakukan tips-tips berikut ini:

1. Istirahat cukup
Stress dan kelelahan menjadi factor utama penyebab lingkaran hitam pada mata. Normalnya, seseorang memerlukan waktu delapan jam untuk beristirahat atau tidur. Dengan tidur, mata kita akan beristirahat sejenak dari aktivitas.
Area mata merupakan area yang sangat rentan. Kulit yang tipis juga memberikan efek timbulnya kerutan apabila mata melakukan gerakan yang sama berulang-ulang.
Selain itu, daya akomodasi mata juga terbatas, tidak bisa selamanya kita paksakan bergerak. Hal ini karena otot-otot mata kita butuh istirahat. Sama halnya dengan otot kaki yang apabila kita berjalan terlalu jauh, maka efeknya akan pegal.

2. Konsumsi buah-buahan yang cukup
Lingkaran hitam seputar mata bisa disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan bisa meningkatkan cairan dalam tubuh.
Selain itu, buah-buahan yang mengandung vitamin C mampu menghilangkan noda hitam pada kulit. Vitamin C ini juga yang biasa terdapat pada produk-produk kecantikan yang ditujukan untuk menghilangkan lingkaran hitam di seputar mata.

3. Pola makan seimbang dan minum air yang cukup
Terkadang lingkaran hitam pada mata terjadi saat pola makan tidak seimbang atau diet yang berlebihan. Saat melakukan diet itulah, tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, disarankan untuk merubah pola makan menjadi pola makan yang seimbang dan minum air putih yang cukup.
Normalnya, dalam sehari manusia dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan liter air. Takaran air ini dipercaya dapat membantu membuang racun dalam tubuh, serta mengganti cairan tubuh yang hilang setelah bergerak sehingga tubuh tetap bugar.

4. Melakukan perawatan sendiri di rumah
Selain hal-hal diatas, lingkaran hitam di area mata bisa dihilangkan dengan melakukan perawatan sendiri di rumah. Perawatan dapat dilakukan dengan menggunakan kentang mentah yang dibagi dua dan kompres pada mata selama 15-20 menit. Lakukan beberapa hari sekali. Zat tepung pada kentang akan “mengangkat” kulit dan membuatnya lebih berseri untuk membuat lingkar hitam di bawah mata tak terlalu terlihat.
Jika kelopak mata Anda terasa kering setelah melakukan kompres ini, oleskan minyak almon atau minyak zaitun sebelum tidur. Kentang bisa diganti dengan Apel. Apel memiliki kandungan potasium, vitamin B, vitamin C, dan tanin, yang baik untuk membantu menghilangkan lingkar hitam di bawah mata.

5. Menggunakan concealer
Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan concealer, semacam alas bedak yang khusus untuk menutupi noda di wajah. Pemakaian concealer ini baiknya dilakukan dengan menggunakan ujung jari lalu menepuk-nepuknya di bagian bawah mata agar merata. Ujurng jari memiliki area kulit yang lembut sehingga sesuai dengan kulit di bagian bawah mata yang tipis.
Namun, concealer ini tidak bisa menghilang noda hitam tersebut secara penuh, ia hanya mampu menyamarkan noda. Untuk menghilangkan lingkaran hitam tersebut, memang diperlukan istirahat yang cukup.

6. Krim Mata
Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata adalah dengan melakukan perawatan dengan serum dan masker. Perawatan dengan krim mata yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga cukup membantu menghilangkan noda tersebut.
(Sumber : rilex.com, houseofdavid.com)









Oriflame menawarkan produk kim mata yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan usia anda, diantaranya adalah :

Soothing Eye Contour Gel
Untuk semua usia. Gel penyegar untuk daerah bawah mata yang berfungsi menyegarkan sekaligus mengurangi mata sembab.

Ecollagen Eye Cream
Untuk usia 35th keatas. Krim untuk mengatasi keriput sekaligus untuk membantu mengurangi lingkaran gelap di daerah sekitar mata.

Optimals Seeing Is Believing

Untuk semua usia. Krim mata ringan untuk mengurangi sembab, mengurangi lingkaran gelap dan membantu mengurangi garis-garis halus dengan D-circle Complex dan ekstrak eyebright.

Skindividual Eye Serum
Untuk usia 25th keatas. Serum dengan aplikator roll-on metalik dan teknologi dermo adapt yang unik. Mengenali kebutuhan daerah mata dan bereaksi saat diperlukan untuk mengatasi efek stress dan keletihan sekaligus menjaga keremajaan kulit.

Time Reversing Eye&Lip Contour Cream
Untuk usia 45th keatas. Menjadikan mata dan bibir terlihat lebih muda dan lembut, diformulasikan dengan ekstrak eyebright.

Lift Expert re-defining Eye Lids Treatment
Untuk usia 40th keatas. Memperindah, mengencangkan dan mengangkat kelopak mata dengan retinol dan teknologi Bio Spring.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar