Kecantikan dari Laut

Pada zaman dahulu, orang percaya bahwa laut mempunyai misteri yang berhubungan dengan kecantikan. Seperti legenda bangsa Yunani yang merujuk symbol sensual wanita, dewi cinta dan kecantikan, Aphrodite, yang lahir dari sebuah karang laut raksasa. Atau pun sosok dalam dongeng, si putri duyung yang digambarkan molek dan rupawan.
Di zaman modern, semua itu bukan lagi misteri, mitos atau fiksi semata. Karena faktanya, lautan memiliki kekayaan yang sangat bermanfaat bagi perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh.

Sekarang ini, orang telah memanfaatkan isi laut, mulai dari air, garam, rumput sampai ganggang laut sebagai bahan kosmetik dan perawatan tubuh.

Air Laut
Air laut memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan kecantikan kulit karena mengandung beberapa mineral, yaitu magnesium, potasium, kalsium sulfat dan sodium. Air laut bisa membuat seseorang lebih cantik dan awet muda karena mengandung medan elektromagnet tinggi yang menghasilkan ion negatif.
Saat berendam dalam air laut, ion dan mineral yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat, di antaranya melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, melancarkan sistem pernapasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh hingga lebih bercahaya. Karena itulah mengapa setelah berendam di laut, kulit terasa lebih lembab dan terlihat lebih mengkilap.

Karena fungsi air laut yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan, maka dikenal terapi yang disebut Thallasotherapy, yang merangkum semua manfaat air laut dalam bentuk relaksasi, revitalisasi tubuh, sekaligus peremajaan kulit. Selebriti dunia yang menggemari terapi ini adalah Jennifer Lopez dan Joan Collins.

Tumbuhan Laut
Tumbuh-tumbuhan laut, seperti rumput laut (seaweed) dan alga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan merelaksasi tubuh. Tanaman bawah laut, termasuk rumput laut, berbahan dasar air, dan tubuh manusia 50%-60% juga terdiri dari air. Komposisi kimiawi yang sangat mirip ini yang membuat tubuh dapat menerima dengan baik perawatan yang berbahan dasar rumput laut dan tanaman laut lainnya, bahkan tidak menimbulkan efek samping bagi kulit sensitif. Ekstraknya mengandung enzim dan antioksidan yang merupakan amunisi untuk mengatasi polusi, paparan sinar matahari, dan penuaan dini.

Dipasaran, masker dari seaweed juga tersedia dengan berbagai bentuk. Masker ini cocok untuk kulit berminyak karena kandungan mineralnya bisa mengurangi lemak dan minyak yang berlebihan. Masker ini juga untuk menipiskan noda-noda hitam bekas jerawat pada wajah.
Deep-cleansing dengan menggunakan marine algae berguna untuk mengembalikan kelembaban pada kulit dan membuat kulit kusam menjadi cerah. Produk yang mengandung kolagen mariane algae bisa membuat wajah lebih lembut dan kerutan pun berkurang.

Garam laut
Garam laut merupakan hasil evaporasi air laut. Garam laut digunakan sebagai bahan utama produk perawatan kecantikan, seperti bath salt, salt schrubs, body wraps, sabun, dan produk kosmetik termasuk make up, diambil dari tempat yang belum banyak campur tangan manusia. Sehingga, masih sarat mineral. Satu tempat yang paling terkenal adalah Laut Mati. Kandungan mineral garam laut untuk perawatan kecantikan di antaranya kalsium, potasium, magnesium, sulfat, dan yodiumi.
Garam laut (sea salt) merupakan pembersih alami yang mengandung antibakteri dan berguna mengangkat sel-sel kulit mati.Garam laut kualitas tinggi dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal campurkan dengan minyak zaitun. Elemen yang terdapat pada garam laut juga dapat menyembuhkan luka dan kelainan kulit.

Dengan cara dibalurkan, mineral di dalam garam laut dapat menstimulasi peredaran darah menjadi lebih lancar. Masalah kulit, seperti jerawat dan keluhan kulit lain, dapat diatasi dengan berendam menggunakan garam laut 3-4 kali seminggu selama 3 minggu berturut-turut.
Mandi menggunakan garam laut dapat dijadikan terapi bagi penderita alergi pada kulit. Kandungan magnesium di dalamnya membersihkan dan mendetoksifikasi reaksi alergi. Semua kandungan garam laut dapat mengatasi kerutan pada wajah dan semua keluhan penuaan pada kulit.
Mandi dengan air yang diberi garam laut dapat melemaskan otot-otot yang lelah. Karena itu, mandi dengan cara ini sangat baik dilakukan setelah berolahraga atau beraktivitas agak berat. Kita bisa membuat sendiri ramuan scrub, yaitu dengan mencampurkan garam laut dengan madu sampai berbentuk pasta. Gosokkan pada tubuh sampai kering, lalu bersihkan dengan menggunakan air pancuran (shower).

Mutiara
Kandungan dalam sebutir mutiara sangat kaya, di antaranya asam amino dan mineral, seperti magnesium zinc, kalsium karbonat, zat besi, dan silikon.
Bubuk mutiara dapat diaplikasikan langsung sebagai bedak di kulit, dijadikan krim wajah, maupun dikonsumsi secara oral sebagai suplemen. Hasil riset di China menyatakan, bahwa mengonsumsi bubuk mutiara sesuai dosis, tergolong aman tanpa efek samping.

Lumpur Laut
Endapan lumpur yang berasal dari evaporasi garam dan mineral Laut Mati menghasilkan lumpur kaya manfaat. Potasium, sodium, bromine, dan kalsium dibutuhkan kulit agar tetap lembab. Untuk kesehatan, baluran lumpur ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam sel kulit, mengobati otot yang kaku, nyeri sendi, rematik, serta kulit gatal dan kering.
Lumpur Laut Mati juga dapat digunakan sebagai masker rambut, membantu mengatasi rambut rontok dengan menguatkan akar rambut, dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Manfaat lain terapi lumpur Laut Mati adalah melancarkan peredaran darah, meregenerasi kulit secara natural. Menstimulasi kelenjar keringat sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Efektif mengatasi penyakit dan keluhan pada kulit, seperti sporiasis, eksim, jerwat, bahkan kerutan wajah. Mengangkat kulit mati secara natural dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih sehat, kencang, dan muda.
(sumber : kompas.com; madujamu.blgspot; okezone.com)

Oriflame menawarkan rangkaian produk perawatan kulit Swedish Spa Sea Algae. Produk ini dibuat dari bahan-bahan alami yang diambil dari kekayaan alam laut Swedia, antara lain ganggang laut dan garam laut. Ganggang laut diolah dengan stimulasi dan kelembapan laut yang unik oleh para ilmuwan Oriflame yang kemudian diformulasikan menjadi VitoAlgae Complex.

Ganggang yang digunakan, antara lain asparagopsis armata adalah ekstrak sel ganggang cokelat yang berkhasiat untuk merangsang, melembapkan, dan memurnikan kulit, serta chondrus crispus merupakan rumput laut merah yang berkhasiat melindungi, melembapkan, dan mengembalikan mineral yang dibutuhkan kulit wajah.

Bagi anda yang tidak bisa berlama-lama meninggalkan rumah untuk merawat diri di salon, kini sudah ada solusi tepat. Anda tetap dapat melakukan perawatan spa wajah dan memanjakan diri di rumah dengan rangkaian produk Oriflame Swedish Spa Sea Algae tanpa menyita waktu kesibukan.

Rangkaian produk perawatan Oriflame Swedish Spa Sea Algae terdiri dari Swedish Spa Sea Algae Invigorating Face Scrub untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Aplikasikan dengan cara memberikan pijatan lembut melingkar di sekitar wajah.

Swedish Spa Sea Algae Purifying Face Mask adalah masker wajah yang dapat mengangkat kelebihan minyak di wajah dan meninggalkan rasa lembut, serta lembap pada kulit.

Swedish Spa Sea Algae Beauty Treatment Serum digunakan untuk meningkatkan kelembapan kulit sehingga kulit wajah lebih halus dan kenyal.

Swedish Spa Mineralss Slender Gel diperkaya dengan ekstrak ganggang laut untuk membantu mengurangi selulit dan efek kulit jeruk dikulit.

Swedish Spa Mineral Sea Salt Body Scrub dapat membersihkan kulit secara mendalam dengan perpaduan butiran halus, garam laut, almond oil dan vitamin E.

Swedish Spa Minerals Toning Body Wash, merupakan pembersih yang menyegarkan kulit dan dapat mengembalikan vitalitas kulit. Swadish Spa Sea Minerals Balt Salt, Garam laut yang kaya akan mineral untuk memberi kesegaran dan vitalitas. Swedish Spa Minerals Overnight Hand Treatment, Perawatan yang menutrisi serta melembutkan tangan dan kutikula di sepanjang malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar