Tae Tree Untuk Kecantikan

Tea tree (Melaleuca alternifolia) sebenarnya merupakan pohon kayu putih yang tumbuh di Australia. Kapten James Cook dan timnya yang kemudian memberi nama Tea tree atau pohon teh, sebab daunnya dapat digunakan sebagai pengganti seduhan teh, sebagai bumbu dan untuk bir. Tentara Australia yang ikut berperang pada Perang Dunia I membawa tea tree oil (minyak essensial tea tree) sebagai disinfektan, yang kemudian menjadikan tingginya permintaannya atas produksi ini.

Cerita mengenai khasiat tea tree ini disampaikan oleh Crist Dean, seorang antropologist. Pada satu acara trecking di Afrika, Christ Dean mengalami infeksi pada kuku kakinya yang tidak kunjung sembuh sehingga dokter memutuskan untuk diamputasi. Chris lalu kembali ke London, di sana contoh jaringan yang membusuk diambil dan vonis tetap tidak berubah, kuku kakinya harus diamputasi demi mencegah pembusukan menjalar ke bagian yang lain. Ia menolak untuk diamputasi dan mencari pengobatan alternatif sampai bertemu saudaranya Michael Dean yang baru tiba dari Australia. Ia mengatakan bahwa Ayah tirinya, Eric White sedang membudidayakan tea tree yang mampu mengobati infeksi. Hasil penyulingan dari pohon ini menghasilkan minyak beraroma mirip minyak kayuputih. Pada menit-menit pertama minyak dioleskan, Chris merasakan rasa gatal dan nyeri dijari kakinya mulai reda. Dalam 4 hari, bengkaknya mengempes dan akhirnya ia dinyatakan sembuh tanpa pisau operasi.

Tea tree oil merupakan antiseptik yang tangguh, menghilangkan bakteri, virus dan jamur. Pada 1949 secara resmi diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Australia dan menerbitkan artikel mengenai kualitas tea tree oil ini di Jurnal dokter gigi Australia (The Australian Journal of Dentistry), Jurnal Medis Inggris (The British Medical Journal) dan Jurnal Farmasi Australia (The Australian Journal of Pharmacy). Tea tree oil juga digunakan sebagai anti-radang, deodoran, expectorant (pereda dahak), balsam dan sebagai anestesi lokal yang ringan.

Salah satu keistimewaannya yang paling menarik adalah bahwa komposisi essential oil-nya yang kompleks menjadikannya sebagai minyak serbaguna dan membuatnya dapat diterapkan pada partikel organik seperti nanah dan darah, tanpa kehilangan aktivitas antimikrobialnya (Altman, 1991). Sangat direkomendasikan untuk mengobati kulit berjerawat dan kulit berminyak.
(Sumber : wikipedia.com; epochtimes.co.id; trushdayplantation.com)

Rangkaian produk Tea tree dari Oriflame mangandung Tea tree organik murni yang terdiri atas :
1. Tae Tree Purifying Corrective Stick
Berfungsi menutupi sekaligus mengeringkan jerawat
2. Tea Tree Purifying Wash and Tone Gel
Gel pembersih dan penyegar wajah untuk kulit berminyak
3. Tae Tree Purifying Blemish Solver
Berfungsi mengeringkan jerawat
4. Tea Tree Purifying Oil
Mengandung tea tree orgaik murni yang tinggi, berfungsi menyejukkan kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar