Perawatan Tangan

Seperti halnya dengan perawatan kaki, kita sering melewatkan perawatan tangan, padahal telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat dengan jelas menunjukkan proses penuaan alami. Berikut ini sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga tangan agar tetap lembut dan tampak awet muda selalu.

Pengelupasan
Sama seperti wajah dan tubuh, tangan juga perlu pengelupasan (exfoliate). Gunakan scrub setiap dua sampai tiga minggu sekali untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di tangan. Tangan akan jadi halus dan lembut setelahnya.

Pelembab
Cuci tangan menggunakan sabun yang mengandung pelembab, dan biasakan untuk segera mengoleskan losion tangan setiap selesai mencuci tangan. Agar praktis, letakkan botol pelembab berpompa di samping wastafel atau bak cuci di kamar mandi atau dapur. Ketika beraktivitas di bawah sinar mentari, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya juga ke tangan.

Multivitamin
Dosis cukup vitamin A, B kompleks, C, dan E dapat memperbaiki kulit. Vitamin C dan E khususnya sangat penting untuk menangkal efek buruk paparan sinar matahari. Vitamin A membantu menjaga dan memperbaiki jaringan kulit, sementara vitamin B kompleks sangat penting bagi kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Anda juga dapat mengoleskan produk yang
mengandung vitamin ini ke tangan.

Asupan Makanan
Jika Anda mengonsumsi banyak ikan berminyak atau menelan suplemen minyak ikan, tangan akan terasa lebih lembut dan halus. Sarden, mackerel, tuna segar dan ikan berminyak lainnya mengandung asam lemak esensial (EFA), yang merupakan lemak baik. EFA menjaga kelembaban kulit dan mengurangi perandangan. Zat tersebut juga memiliki fungsi ganda karena baik untuk jantung.

Manikur
Lakukan manikkur secara teratur, baik di rumah mau pun di salon. Manikur membantu menjaga kutikula tetap lembab dan kuku sehat.

Sarung tangan
Kenakan sarung tangan karet setiap kali Anda melakukan aktivitas mencuci piring, membersihkan kamar mandi, atau berkebun. Sarung tangan karet dapat melindungi tangan dari zat-zat kimia dan air panas, yang membuat tangan kering dan merusak kulit.

Perawatan malam
Menjelang tidur di malam hari, lapisi tangan dengan krim pelembab kental sebelum tidur. Balut tangan dengan sarung tangan. Di pagi hari, tangan akan terlihat dan terasa lebih lembut dan muda.
(sumber : mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar