Mengatasi Rambut Rontok

Kesel dengan masalah rambut rontok..?? Yuk kita bahas soal kerontokan rambut disini. Setiap manusia, rata-rata memiliki jumlah rambut kepala sekitar 100.000 helai. Masa pertumbuhan setiap helai rambut antara 2 hingga 6 tahun, kemudian rontok. Lalu pada pori-pori yang sama, rambut baru mulai tumbuh. Siklus kehidupan sehelai rambut disebut siklus rambut. Siklus rambut dimulai dari fase tumbuh, fase istirahat dan fase pelepasan atau rontok.

Fase Tumbuh
Setiap helai rambut dikepala mempunyai masa tumbuh yang tidak sama. Pada fase tumbuh ini rambut akan mengalami pertumbuhan optimal jika tidak ada gangguan kesehatan. Sekitar 90% rambut akan tumbuh pada fase ini dan setiap helai dari rambut kita akan bertahan 2-6 tahun sebelum masuk pada fase berikutnya.

Fase Istirahat
Fase istirahat berlangsung antara dua sampai tiga bulan.
Pada fase istirahat kita harus rajin menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala jangan ada gangguan yang bisa memicu tercabutnya rambut, karena pada fase ini jika ada sehelai rambut tercabut maka ditempat rambut yang tercabut tadi tidak akan tumbuh lagi sampai tiba fase tumbuh berikutnya dan itu sangat lama karena sebelum tiba fase tumbuh akan melewati dulu fase pelepasan/rontok. Dianjurkan creambath minimal satu kali sebulan guna menghambat tumbuhnya jamur malassezia (jamur biang ketombe) dan menggunakan hair tonic untuk menguatkan akar rambut.

Fase Pelepasan atau Rontok
Sekitar sepuluh persen kita akan kehilangan rambut dalam fase ini.
Pada fase pelepasan jika ada rambut yang rontok antara 50-100 helai sehari masih dianggap normal, tidak usah kuatir karena akan digantikan oleh rambut baru dari folikel yang sama yang terletak tepat di bawah permukaan kulit. Rambut baru akan tumbuh ditempat rambut yang telah rontok pada fase tumbuh berikutnya dengan catatan tidak ada yang menghambat tumbuhnya rambut.

Rambut terdiri dari suatu bentuk protein, bahan yang sama yang ditemukan dalam kuku tangan dan kuku kaki. Setiap orang, tanpa memandang usia, harus makan jumlah yang cukup protein untuk menjaga rambut dalam berproduksi. Protein ditemukan dalam daging, ayam, ikan, telur, keju, kacang kering, tahu, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

• Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.

• Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh dan akan berpengaruh ke rambut juga.

• Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.

• Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.

• Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.

• Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.

• Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.

• Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.

• Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.

• Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.

• Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

• Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.

• Hindari kebiasaan menarik narik rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar